Rabu, 13 Maret 2013

contoh laporan prakerin SMK MHI


LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER

Disusun Sebagai Syarat untuk Ujian Nasional
SMK MHI BANGSALSARI









Disusun Oleh :
Nama            : MOH FERI DAVID M
NIS                :
KELAS         : XI TKJ


    KOMPETENSI KEAHLIAN :
    TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

   SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK MHI BANGSALSARI
BIDANG STUDY KEAHLIAN:
TEKNOLOGI INFORMASI DAN JARINGAN,       PEMASARAN, AKUNTANSI



LEMBAR PERSETUJUAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER

Waktu Pelaksanaan
7 januari 2013 s.d 8 April 2013

Disusun Oleh :
Nama             : MOH. FERI DAVID M
NIS                 :
KELAS             : XI TKJ


Laporan ini telah di periksa dan disetujui oleh :

Mengetahui,                                         Pembimbing Lapangan
Kepala Bagian Kepegawaian


 Dra. Lie Hartati, M.Si                                A. Rofiq
NIP. 196208011987032002                        NRP. 760020236                                                             








LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER
Waktu Pelaksanaan
7 Januari 2013 s.d 8 April 2013

Disusun Oleh :
Nama              : MOH. FERI DAVID M
NIS                   :
KELAS              : XI TKJ

Laporan ini telah di periksa dan disahkan oleh :

Ketua Prakerin                                                            Pembimbing


Saiful                                                              
NIP :                                                                 NIP :


JEMBER, 08 April 2013
Mengetahui,
Kepala SMK MHI BANGSALSARI



 
    NIP :

                         ii
KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan ini membuktikan bahwa saya (penulis) telah melaksanakan serta menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di KANTOR UNIVERSITAS JEMBER.
Laporan ini dapat saya buat dan saya selesaikan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada :
  1. Bpk....................selaku kepala sekolah SMK MHI BANGSALSARI, yang telah memberikan saya kemudahan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Guru pembimbing kami,
  3. Eko widodo, selaku Kasub. kepegawaian.
  4. A.Rofiq, selaku pembimbing yang telah membimbing di tempat Prakerin.
  5. Bapak dan Ibu Guru SMK MHI BANGSALSARI.
  6. Orangtua, yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada saya.
  7. Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan Prakerin.

Saya (penulis) menyadari bahwa laporan prakerin ini masih jauh dari sempurna.Untuk itu saya sangat berharap adanya saran, masukan maupun kritikan yang membangun guna menyempurnakan laporan ini.
Semoga segala bentuk upaya yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kelulusan dapat membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada kita semua.


Jember.  8 April 2013


Penulis
iii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.........................................................................   i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................ ii
HALAMAN PENGESAHAN......................................................... iii
KATA PENGANTAR..................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR....................................................................... vi
DAFTAR TABEL........................................................................... vii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang................................................................... 1
1.2 Tujuan................................................................................. 2
1.3 Waktu dan tempat pelaksanaan..................................... 2

BAB II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
2.1 Sejarah Tempat Praktek Kerja Industri........................... 3
2.1.1 VISI Universitas Jember......................................... 5
2.1.2 Misi Universitas Jember......................................... 6
2.1.3 Motto dan Tujuan UNEJ......................................... 6
2.2  Struktur Organisasi ......................................................... 7
2.3 Kegiatan Prakerin........................................................... 10
2.3.1 Pelaksanaan di tempat DU/DI............................ 10
2.3.2 Keadaan Lingkungan Kerja................................ 12
2.3.3 Rincian Kegiatan Prakerin.................................. 13
2.4 Hasil yang dicapai........................................................... 14
2.4.1 Faktor Pendukung................................................ 15
2.4.2 Faktor Penghambat.............................................. 15



                       iv
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan...................................................................... 16
3.2 Saran................................................................................. 16
3.2.1 Saran untuk sekolah............................................ 16
3.2.2 Saran untuk tempat DU/DI.................................. 16
Daftar Pustaka
























                         v

DAFTAR GAMBAR
1.1 SEJARAH Universitas jember............................................... 3
1.2 VISI UNEJ.................................................................................. 5
1.3 Misi UNEJ.................................................................................. 6
1.4 Peta Kampus............................................................................. 9
1.5 Peta Universitas Jember....................................................... 10























                       vi

                                     
                                       DAFTAR TABEL
        1.1 Jadwal Kegiatan di DU/DI.................................................. 11



























                       vii


                             BAB 1
                            PENDAHULUAN

1.1             LATAR BELAKANG
Perlu kita sadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lulus seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.
Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/ industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktek. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran praktek idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan 30% saja. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktek, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian kejuruan, yang memadukan secara sistematik dan sinkron programg pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.


1

Dalam pengertian tersebut tersirat, bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat, serta pemasarannya.

1.2 TUJUAN PRAKERIN
Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagai mana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU SISDIKNAS, merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah sebagai berikut.
Tujuan umum:
1) Meningkatkan keimanan dan ketawaan peserta didik kepada tuhan yang maha esa;
2) Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab;
3) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;



2
4) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.
Tujuan
khusus:
1) Menyiapkan peserta didik agar manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;

2) Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
3) Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengebangkan diri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
4) Membekali pesera didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesusai dengan program keahlian yang dipilih.


1.3 WAKTU  DAN TEMPAT PRAKERIN
Waktu pelaksanaan praktek kerja industri maksimal 4 (empat) bulan. Peserta yang pindah (meninggalkan tempat prakerin) sebelum waktu minimal 4 (empat) bulan dapat dinyatakan gugur (tidak berhasil) bila :
1.    Kepindahannya tanpa alasan yang jelas.
2.    Kepindahannya tanpa seizin pihak industri
.


3
                             BAB II
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

2.1 SEJARAH TEMPAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI
UNEJ berasal dari Universitas swasta bernama Universitas Tawang Alun yang berdiri sejak tanggal 4 November 1957. Pada mulanya, Universitas Tawang Alun memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Hukum. Pada tahun 1960 didirikan Fakultas Administrasi Negara dan Perusahaan ANP, setahun kemudian menjadi Fakultas Sosial dan Politik (Fakultas Sospol). Atas permintaan masyarakat, Unibersitas Tawang Alun pada tahun yang sama menambah fakultas-fakultas baru, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran.





Berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 95 Tahun 1962 tanggal 1 Agustus 1962, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran dibina oleh Universitas Airlangga Surabaya. Pada tanggal 5 Januari 1963, Universitas Tawang Alun dinegerikan bersamaan dengan Universitas Brawijaya Malang berdasarkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 Tahun 1963, tanggal 5 Januari 1963. Walaupun Universitas Tawang Alun telah  dinegerikan, statusnya masih sebagai cabang dari Universitas Brawijaya (UNIBRA) yang berkedudukan di Jember dengan beberapa
   4

Fakultas, yaitu :
1. Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat
2. Fakultas Pertanian
3. Fakultas Ilmu Pendidikan
4. Fakultas Sosial dan Politik, dan
5. Fakultas Kedokteran
Status Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian masing-masing sebagai cabang dari Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian UNIBRA Malang, sedangkan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Politik, serta Fakultas Kedokteran berdiri sendiri di Jember.
Kemudian, pada tahun Ajaran 1963/1964 didirikan dua fakultas baru, yaitu Fakultas Sastra dan Fakultas Ekonomi yang berkedudukan di Banyuwangi  UNIBRA Cabang Jember.

Pada tahun 1963, Fakultas Kedokteran UNIBRAW Malang Cabang Jember diintegrasikan ke dalam Universitas Airlangga Surabaya sedangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diintegrasikan ke dalam IKIP Negeri Malang. Pengintegrasian tersebut didasarkan atas pertimbangan Menteri yang tertuang ke dalam Keputusan Presiden Nomor 196 Tahun 1963, tanggal 23 September 1963, berlangsung sampai bulan November 1964.
Tanggal 9 November 1964, Universitas Brawidjaja Tjabang Djember dinyatakan berdiri sendiri dengan status negeri menjadi Universitas Negeri Djember dengan singkatan UNED. Universitas Negeri Djember saat itu memiliki empat fakultas, yaitu :

1.    Fakultas Hukum (di Jember cabangnya di Banyuwangi)
2.    Fakultas Sosial dan Politik (Jember)
3.    Fakultas Pertanian  (Jember)
4.    Fakultas Ekonomi (Banyuwangi)
5.    Fakultas Sastra (Banyuwangi)

Atas dasar kebijakan rektor melalui Keputusan Nomor 583/22/1965, tanggal 31 Desember 1965, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra yang berkedudukan di Banyuwangi dipindahkan ke Jember.



5


Selanjutnya, dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 161 Tahun 1967, mulai 1 Januari 1968, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang Tjabang Djember yang semula diintegrasikan dengan UNBRA Malng, kemudian diintegrasikan ke Universitas Negeri Djember. Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra dan Seni IKIP Malang Tjabang Djember tersebut masing masing menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Sastra Universitas Negeri Djember. Tanggal 7 September 1982, Universitas Negeri Djember ditetapkan bernama Universitas Jember akronim UNEJ.

2.1.1 VISI UNIVERSITAS JEMBER

Visi UNEJ adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, berwawasan lingkungan, dan berkemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) bagi kepentingan kemanusiaan, terutama ke arah berkembangnya agroindustri.

http://faperta.ugm.ac.id/perlintan2005/labklinik_files/image008.gif
http://media5.picsearch.com/is?8Xu-mLDe998NYtWAStHpOnllIYfEhaNuZZRTslHTYf0






                                                  

                                                                             Gambar  1.2 Visi UNEJ














             6

2.1.2    MISI UNIVERSITAS JEMBER

1.    Meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi  dan sistem manajemen
2.    Meningkatkan peran serta dalam pelestarian lingkungan
3.    Mengembangkan IPTEKS untuk kesejahteraan masyarakat
4.    Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama berdasarkan asas kesetaraan.

http://media1.picsearch.com/is?_aK-TrnO1Rs39lDZSuhO66EVD8ymmdSWvDwyZjkTXEQhttp://media4.picsearch.com/is?eS4gIHafx4ElPztoHhU9dzD95CowK4xoxvrIsIP5_oIhttp://media5.picsearch.com/is?nqPaBXJkJB71hEYg-aRqHhSjJvlJUGgQJRgqk1Qi5DM
Gambar 1.3 Misi UNEJ





2.1.3    MOTTO DAN TUJUAN UNIVERSITAS JEMBER

Motto

Dalam rangka memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ

telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (quality first).








            7
2.2        STRUKTUR ORGANISASI
Susunan Dan Organisasi
Universitas Jember terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut :
1.    Dewan Penyantun
2.    Pimpinan (Rektor dan Pembantu Rektor)
3.    Senat Universitas
4.    Pelaksana Akademik (Fakultas dan Lembaga)
5.    Plaksana Administrasi (Biro I, II, III)
6.    Unsur Penunjang (UPT dan unit Penunjang lainnya)

2.2.1 Peta Kampus Universitas Jember
http://files.myopera.com/sitra%20fathus/blog/1peta%20unej.jpg                                                                                                                                        


















Gambar 1.4 Peta Kampus
                               8

       
2.2.2    Peta Universitas Jember

http://3.bp.blogspot.com/_2j4aNZi3UmE/SJ5-lXhFQ5I/AAAAAAAAACg/l7gn2zoNZe4/s320/peta.jpg
Gambar 1.5 peta Universitas jember

2.3        Kegiatan Prakerin
2.3.1 PELAKSANAAN DITEMPAT DU/DI
Dalam kegiatan prakerin yang sangat perlu diutamakan adalah kerjasama yang baik serta tanggung jawab dalam bekerja guna dapat menyelesaikan segala tugas dengan baik dan benar. Dan dalam hal ini kami akan menguraikan tentang pelaksanaan kegi-
Tan kami selama menjalani prakerin di Kantor Pusat Universitas Jember, yaitu :




9



1.    Waktu kegiatan
Prakerin dilaksanakan kurang lebih selama empat bulan yang dimulai pada tanggal 7 januari 2013 s.d 8 April 2013, dan waktu kegiatan pada setiap harinya adalah sebagai berikut :
NO
HARI
JAM MASUK
JAM PULANG
1.
SENIN
07.00
16.00
2.
SELASA
07.00
16.00
3.
RABU
07.00
16.00
4.
KAMIS
07.00
16.00
5.
JUM’AT
07.00
15.00
Tabel 1.1 jadwal kegiatan di DU/DI

 Hari Sabtu Prakerin di liburkan dari instansi
1. tempat prakerin
Selama kegiatan prakerin, kami di tempatkan di bagian kepegawaian kantor pusat Universitas  Jember dan Bertugas sebagai berikut:
a.    Mengarsip surat masuk dan surat keluar
b.    Mengarsip surat pada file
c.    Menyetempel surat
d.    Mengantarkan surat pada bagian-bagian di kantor pusat universitas jember
e.    Merekapitulasi nomor NIP pegawai negeri sipil
f.     Menggandakan surat-surat ataupun data data yg perlu di gandakan
2.3.2 KEADAAN LINGKUNGAN KERJA
1. Tempat kerja
Tempat kami prakerin yaitu beralamatkan dijalan Kalimantan 37 kampus Bumi Tegal  Boto pada bagian kepegawaian Universitas Jember.
2.Udara
Udara disekitar cukup baik. Bersih tanpa asap rokok dan ber_AC, sehingga dengan keadaan tersebut kami dapat bekerja dengan baik, dan maksimal tanpa adanya gangguan asap atau apapun yg dapat mengganggu kesehatan.
                                                                  10
                                                                    
3.  keadaan ruang kepegawaian cukup, luas dan tertata rapi sehingga membuat suasana Menjadi nyaman
      4.Kondisi
Kondisi ruangan  sangat mendukung karena disekitar ruangan terdapat penghijauan sehingga sirkulasi udara menjadi sejuk dan dapat mendorong kemaksimalan bekerja.

5.  Penerangan
     Masalah penerangan diruangan kepegawaian cukup terang, lebih-lebih lampu tetap
     Dinyalakan meskipun ruangan berada di kondisi terbuka.
5.    Suara
Keadaan ruangan kepegawaian tidak terlalu bising (berisik) karena jauh dari jalan raya, sehingga kami dan juga karyawan disana dapat bekerja dengan baik tanpa adanya gangguan suara yg bisik.

2.3.3 Rincian kegiatan prakerin
1. Menggandakan Surat Masuk
Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dikepegawaian, yaitu apabila ada surat masuk dari Fak. Maupun dari Unit Kerja dicatat pada Buku agenda surat masuk. Cara memperoses kedalam buku. Agenda yaitu dengan cara mencatat nomer surat, tanggal surat, dan juga perihal surat, Setelah dicatat kemudian di masukkan pada file surat masuk.



                  11                               
2. Memperoses surat keluar
Jika hendak memproses surat keluar hal pertama yg dilakukan adalah membuat surat terlebih dahulu, surat di gandakan sesuai dengan jumlah yg di inginkan, mengetik alamat dan Nomor surat secara manual,
setelah itu suratnya di stempel dan dimasukkan kedalam amplop yg
juga sudah distempel, kemudian diekspedisi kedalam buku ekspedisi surat.
3. mengekspedisi surat keluar
Yaitu mencatat surat keluar kedalam buku ekspedisi dan dikirimkan kepada setiap bagian di kantor pusat Univ. Jember
2.    Lain-lain
Yaitu dari berbagai kegiatan yg lain dari kegiatan yg sudah disebut di atas, diantaranya yaitu:
a.    Merekapitulasi Nomor NIP Pegawai Negeri Sipil.
b.    Mengetik surat dengan mesin ketik manual.

2.4          HASIL YANG DICAPAI
Hasil yg diperoleh dari kegiatan praktek kerja industri di bagian kepegawaian kantor pusat Universitas JEMBER:
1.    Setiap pekerjaan yg dilakukan dibidang perkantoran dapat dipahami dengan baik.
2.    Dengan adanya Prakerin ini diharapkan para siswa dapat belajar dengan baik untuk dijadikan pedoman memperoleh pekerjaan dengan cepat.
3.    Dengan adanya kegiatan Prakerin di DU/DI, siswa diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan yg ada pada siswa itu sendiri.
4.    Siswa juga dapat belajar bagaimana cara menghargai orang lain, juga menumbuhkan sikap mandiri dan sikap kebersamaan,

                                         12

5.    Dalam kesulitan pengetikan , penulisan , penyusun, serta penempatan surat-surat dapat diatasi dengan meminta bimbingan kepada pembimbing.
                                                                                                                       
2.4.1 FAKTOR PENDUKUNG
Dalam melaksanakan prakerin di kantor pusat Universitas JEMBER terdapat beberapa faktor pendukung dalam melaksanak tugas praktek kerja industri , DI antara nya yaitu :

1.      Tersedianya alat elektronik yg dapat digunakan dalam melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat, seperti komputer dan printer,
2.      Adanya pendingin ruangan didalam bagian kepegawaian untuk menciptakan suhu yang nyaman, seperti AC
3.      Sikap para pegawai yang dapat menerima kita dengan baik serta ramah dan tamah

2.4.2 FAKTOR PENGHAMBAT
1.  Masalah pada saat tidak adanya pekerjaan yang dapat dilakukan siswa sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh diruangan.
2.   Perasaan bosan pada saat melaksanakan tugas yang siswa rasa begitu
Dan hanya itu itu saja
3   ketidak kompakan pada masing-masing siswa prakerin yang kebetulan be
     Rada dalam satu ruangan namun berasal dari sekolah lain.







                                                    13


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
            Keberhasilan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) sangat dibutuhkan oleh para siswa dan siswi agar dapat menerapkan hasil yang diperoleh selama prakerin dalam dunia kerja yang akan datang. Dengan dibuatnya laporan prakerin ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan keahlian yang ada didunia usaha atau di dunia industri. Dengan dibuatnya laporan ini diharapkan juga ada kesamaan visi dan misi antara pihak sekolah dengan dunia industri pasangan. Harapan kami sebagai penulis didalam penjelasan didalam laporan ini telah tersusun rajin sesuai dengan tujuan siswa adan siswi, kami telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti bagi yang membacanya. Kami berharap pembaca dapat memahami dan mengambil manfaat dan isi laporan tersebut atas kelebihan dan kekurangannya kami mohon maaf.
A.        Kesimpulan
            Setelah saya melaksanaan Praktik kerja lapangan di Kantor Universitas Jember
·         Kegiatan prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) karena dengan kegiatan ini dapat menigkatkan kompetensi siswa dan siswi.
·         Kegiatan prakerin merupakan kesempatan yang memberikan ruang kepada siswa dan siswi SMK untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan kompetensi masing-masing.
·         Kegiatan prakerin memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa dan siswi SMK untuk menunjukkan kemampuannya pada industri atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.
·         Kegiatan prakerin merupakan media promosi kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia kerja.
·         Praktik kerja lapangan ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan siswa dalam setiap praktik dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada obyeknya.



14
B.        Saran
Setelah melaksanakan proses pembuatan laporan prakerin, maka saya
mempunyai beberapa saran yang ingin disampaikan kepada pihak sekolah dan instansi selaku

 pihak yang terkait langsung dengan pelaksanaan kegiatan prakerin, antara lain sebagai berikut:

Ø  Saran Untuk Pihak Sekolah
·         Kegiatan prakerin ini merupakan kegiatan yang positif bagi semua pihak baik untuk mengembangkan kemampuan individu maupaun sebagai sarana untuk menilai sejauh mana keberhasilan sekolah dalam menyiapkan siswanya untuk diterjunkan kedunia kerja, sehingga perlu ditingkatkan baik dari segi setruktural maupun operasional dimasa-masa mendatang.
·         Sekolah hendaknya membekali ilmu-ilmu dasar yang banyak diaplikasikan didunia industri sehingga pada saat siswa dan siswi melaksanakan kegiatan prakerin,siswa tidak banyak menghadapai kendala yang berhubungan dengan materi akademis, yang pada kenyataannya siswa masih dibingungkan dengan masalah yang dihadapi di dunia usaha.
·         Sekolah hendaknya memperbanyak frekuensi bimbingan dan pengawasan kegiatan prakerin.
·         Sekolah hendaknya merencanakan program tindak lanjut dari kegiatan prakerin sebagai media promosi kemampuan dan kompetensi siswa.
·         Pekerjaan yang diberikan dari pihak industri pada kami sangat bermanfaat bagi saya dalam kehidupan yang akan datang, namun untuk mengisi waktu kosong sebaiknya pihak industri sebaiknya memberikan pekerjaan-pekerjaan yang lebih bermanfaat bagi siswa dan siswi agar waktu tidak terbuang dengan sia-sia.
·         Pihak sekolah agar dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan prakerin secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
·         Saran Untuk Pihak Industri

                                                       15
§  Tata tertib dan kedisiplinan karyawan harus lebih ditingkatkan lagi agar hal tersebut dapat menunjang kearah keberhasilan dan kemajuan perusahaan maupun kemajuan tersebut sendiri.
§  Keselamatan kerja yang harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan.
§  Komunikasi antar pihak harus dieratkan lagi.
      ·         Adanya dukungan dari pihak sekolah maupun industri dalam proses pembuatan         laporan.
Saya sangat menyadari sepenuhnya bahwa apa yang diucapkan lewat saran tersebut tidak semudah diucapkan akan tetapi, penulis berharap sekali untuk dapat mempertimbangkannya untuk kemajuan semua pihak.
Pada akhirnya semoga apa yang saya lakukan dapat menjadi segalanya lebih baik serta perubahan dimasa yang akan datang. 



















16

DAFTAR PUSTAKA