LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
DI
UNIVERSITAS JEMBER
Disusun Sebagai Syarat untuk Ujian Nasional
SMK MHI BANGSALSARI
Disusun Oleh :
Nama
: MOH FERI DAVID M
NIS :
KELAS : XI TKJ
KOMPETENSI
KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER
DAN JARINGAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
SMK MHI BANGSALSARI
BIDANG STUDY
KEAHLIAN:
TEKNOLOGI INFORMASI DAN JARINGAN, PEMASARAN, AKUNTANSI
LEMBAR
PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER
Waktu
Pelaksanaan
7
januari 2013 s.d 8 April 2013
Disusun
Oleh :
Nama :
MOH. FERI DAVID M
NIS :
KELAS :
XI TKJ
Laporan ini telah di periksa dan disetujui oleh :
Mengetahui, Pembimbing Lapangan
Kepala
Bagian Kepegawaian
Dra. Lie Hartati, M.Si A. Rofiq
NIP.
196208011987032002 NRP. 760020236
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER
Waktu
Pelaksanaan
7 Januari
2013 s.d 8 April 2013
Disusun
Oleh :
Nama :
MOH. FERI DAVID M
NIS :
KELAS :
XI TKJ
Laporan ini telah di periksa dan
disahkan oleh :
Ketua Prakerin Pembimbing
Saiful
NIP : NIP
:
JEMBER, 08 April 2013
Mengetahui,
Kepala SMK MHI BANGSALSARI
NIP :
ii
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan
praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan ini membuktikan bahwa saya (penulis) telah melaksanakan
serta menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di KANTOR UNIVERSITAS
JEMBER.
Laporan ini dapat saya buat dan saya selesaikan dengan adanya bantuan dari
berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih
kepada :
- Bpk....................selaku kepala sekolah SMK MHI BANGSALSARI, yang telah memberikan saya kemudahan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
- Guru pembimbing kami,
- Eko widodo, selaku Kasub. kepegawaian.
- A.Rofiq, selaku pembimbing yang telah membimbing di tempat Prakerin.
- Bapak dan Ibu Guru SMK MHI BANGSALSARI.
- Orangtua, yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada saya.
- Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan Prakerin.
Saya (penulis) menyadari bahwa laporan prakerin ini masih jauh dari
sempurna.Untuk itu saya sangat berharap adanya saran, masukan maupun kritikan
yang membangun guna menyempurnakan laporan ini.
Semoga segala bentuk upaya yang telah dilaksanakan dalam rangka
meningkatkan kualitas kelulusan dapat membuahkan hasil sesuai dengan yang
diharapkan dan semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada
kita semua.
Jember. 8 April 2013
Penulis
iii
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL......................................................................... i
HALAMAN
PERSETUJUAN........................................................
ii
HALAMAN
PENGESAHAN.........................................................
iii
KATA
PENGANTAR.....................................................................
iv
DAFTAR
ISI.....................................................................................
v
DAFTAR
GAMBAR.......................................................................
vi
DAFTAR
TABEL...........................................................................
vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang................................................................... 1
1.2
Tujuan................................................................................. 2
1.3
Waktu dan tempat pelaksanaan..................................... 2
BAB II PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
2.1
Sejarah Tempat Praktek Kerja Industri........................... 3
2.1.1
VISI Universitas Jember......................................... 5
2.1.2
Misi Universitas Jember......................................... 6
2.1.3
Motto dan Tujuan UNEJ......................................... 6
2.2 Struktur Organisasi ......................................................... 7
2.3
Kegiatan Prakerin........................................................... 10
2.3.1
Pelaksanaan di tempat DU/DI............................ 10
2.3.2
Keadaan Lingkungan Kerja................................ 12
2.3.3
Rincian Kegiatan Prakerin.................................. 13
2.4
Hasil yang dicapai........................................................... 14
2.4.1
Faktor Pendukung................................................ 15
2.4.2
Faktor Penghambat.............................................. 15
iv
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan...................................................................... 16
3.2
Saran................................................................................. 16
3.2.1
Saran untuk sekolah............................................ 16
3.2.2
Saran untuk tempat DU/DI.................................. 16
Daftar
Pustaka
v
DAFTAR GAMBAR
1.1
SEJARAH Universitas jember...............................................
3
1.2 VISI
UNEJ.................................................................................. 5
1.3
Misi UNEJ.................................................................................. 6
1.4
Peta Kampus............................................................................. 9
1.5
Peta Universitas Jember....................................................... 10
vi
DAFTAR
TABEL
1.1
Jadwal Kegiatan di DU/DI.................................................. 11
vii
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Perlu kita
sadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh
pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir
setiap dunia usaha/industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih
menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lulus seleksi penerimaan
karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang
dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.
Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia
usaha/ industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim
peralatan praktek. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran
praktek idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan 30% saja. Bahkan ada beberapa SMK
yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktek, dalam pelaksanaan peserta
diklat hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan
kenyataan yang sebenarnya.
Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian
kejuruan, yang memadukan secara sistematik dan sinkron programg pendidikan di
sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja
langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan
keahlian tertentu.
1
Dalam pengertian tersebut tersirat, bahwa ada dua pihak yaitu lembaga
pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu)
yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan.
Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab
mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai pada tahap
penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat, serta pemasarannya.
1.2 TUJUAN PRAKERIN
Sekolah
menengah kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagai mana
ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU SISDIKNAS, merupakan pendidikan
menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang
tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah
sebagai berikut.
Tujuan umum:
1) Meningkatkan keimanan dan ketawaan peserta didik kepada tuhan yang maha esa;
2) Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab;
3) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
Tujuan umum:
1) Meningkatkan keimanan dan ketawaan peserta didik kepada tuhan yang maha esa;
2) Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab;
3) Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
2
4)
Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap
lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan
efisien.
Tujuan
Tujuan
khusus:
1) Menyiapkan peserta didik agar manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;
2) Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
3) Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengebangkan diri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
4) Membekali pesera didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesusai dengan program keahlian yang dipilih.
1) Menyiapkan peserta didik agar manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;
2) Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
3) Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengebangkan diri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
4) Membekali pesera didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesusai dengan program keahlian yang dipilih.
1.3 WAKTU DAN
TEMPAT PRAKERIN
Waktu pelaksanaan praktek kerja industri maksimal 4
(empat) bulan. Peserta yang pindah (meninggalkan tempat prakerin) sebelum waktu
minimal 4 (empat) bulan dapat dinyatakan gugur (tidak berhasil) bila :
1. Kepindahannya
tanpa alasan yang jelas.
2. Kepindahannya
tanpa seizin pihak industri
.
3
BAB II
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
2.1 SEJARAH TEMPAT
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
UNEJ berasal dari Universitas swasta bernama Universitas
Tawang Alun yang berdiri sejak tanggal 4 November 1957. Pada mulanya,
Universitas Tawang Alun memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Hukum. Pada
tahun 1960 didirikan Fakultas Administrasi Negara dan Perusahaan ANP, setahun
kemudian menjadi Fakultas Sosial dan Politik (Fakultas Sospol). Atas permintaan
masyarakat, Unibersitas Tawang Alun pada tahun yang sama menambah fakultas-fakultas
baru, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas
Kedokteran.
Berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu
Pengetahuan (PTIP) Nomor 95 Tahun 1962 tanggal 1 Agustus 1962, Fakultas
Pertanian dan Fakultas Kedokteran dibina oleh Universitas Airlangga Surabaya.
Pada tanggal 5 Januari 1963, Universitas Tawang Alun dinegerikan bersamaan
dengan Universitas Brawijaya Malang berdasarkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1
Tahun 1963, tanggal 5 Januari 1963. Walaupun Universitas Tawang Alun telah dinegerikan, statusnya masih sebagai cabang
dari Universitas Brawijaya (UNIBRA) yang berkedudukan di Jember dengan beberapa
4
Fakultas, yaitu :
1. Fakultas Hukum dan Pengetahuan
Masyarakat
2. Fakultas Pertanian
3. Fakultas Ilmu Pendidikan
4. Fakultas Sosial dan Politik, dan
5. Fakultas Kedokteran
Status Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian masing-masing
sebagai cabang dari Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian UNIBRA Malang,
sedangkan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Politik, serta Fakultas
Kedokteran berdiri sendiri di Jember.
Kemudian,
pada tahun Ajaran 1963/1964 didirikan dua fakultas baru, yaitu Fakultas Sastra
dan Fakultas Ekonomi yang berkedudukan di Banyuwangi UNIBRA Cabang Jember.
Pada
tahun 1963, Fakultas Kedokteran UNIBRAW Malang Cabang Jember diintegrasikan ke
dalam Universitas Airlangga Surabaya sedangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan diintegrasikan ke dalam IKIP Negeri Malang. Pengintegrasian tersebut
didasarkan atas pertimbangan Menteri yang tertuang ke dalam Keputusan Presiden
Nomor 196 Tahun 1963, tanggal 23 September 1963, berlangsung sampai bulan
November 1964.
Tanggal
9 November 1964, Universitas Brawidjaja Tjabang Djember dinyatakan berdiri
sendiri dengan status negeri menjadi Universitas Negeri Djember dengan
singkatan UNED. Universitas Negeri Djember saat itu memiliki empat fakultas,
yaitu :
1. Fakultas Hukum (di Jember cabangnya di Banyuwangi)
2. Fakultas Sosial dan Politik (Jember)
3. Fakultas Pertanian
(Jember)
4. Fakultas Ekonomi (Banyuwangi)
5. Fakultas Sastra (Banyuwangi)
Atas dasar kebijakan rektor melalui Keputusan Nomor
583/22/1965, tanggal 31 Desember 1965, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra
yang berkedudukan di Banyuwangi dipindahkan ke Jember.
5
Selanjutnya, dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan
Tinggi Nomor 161 Tahun 1967, mulai 1 Januari 1968, Institut Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (IKIP) Malang Tjabang Djember yang semula diintegrasikan dengan
UNBRA Malng, kemudian diintegrasikan ke Universitas Negeri Djember. Fakultas
Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra dan Seni IKIP Malang Tjabang Djember tersebut
masing masing menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Sastra Universitas
Negeri Djember. Tanggal 7 September 1982, Universitas Negeri Djember ditetapkan
bernama Universitas Jember akronim UNEJ.
2.1.1 VISI
UNIVERSITAS JEMBER
Visi UNEJ adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang
berkualitas, berwawasan lingkungan, dan berkemampuan untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) bagi kepentingan kemanusiaan,
terutama ke arah berkembangnya agroindustri.
Gambar 1.2 Visi UNEJ
6
2.1.2 MISI
UNIVERSITAS JEMBER
1.
Meningkatkan
kualitas tridarma perguruan tinggi dan
sistem manajemen
2.
Meningkatkan
peran serta dalam pelestarian lingkungan
3.
Mengembangkan
IPTEKS untuk kesejahteraan masyarakat
4.
Membina
dan mengembangkan jaringan kerjasama berdasarkan asas kesetaraan.
Gambar 1.3 Misi UNEJ
2.1.3 MOTTO DAN
TUJUAN UNIVERSITAS JEMBER
Motto
Dalam rangka
memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran
secara berkelanjutan, UNEJ
telah merumuskan
kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah
UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (quality first).
7
2.2
STRUKTUR ORGANISASI
Susunan Dan Organisasi
Universitas Jember terdiri
atas unsur-unsur sebagai berikut :
1. Dewan
Penyantun
2. Pimpinan
(Rektor dan Pembantu Rektor)
3. Senat
Universitas
4. Pelaksana
Akademik (Fakultas dan Lembaga)
5. Plaksana
Administrasi (Biro I, II, III)
6. Unsur
Penunjang (UPT dan unit Penunjang lainnya)
2.2.1 Peta Kampus Universitas Jember
Gambar 1.4 Peta Kampus
8
2.2.2
Peta Universitas Jember
Gambar 1.5 peta Universitas jember
2.3
Kegiatan Prakerin
2.3.1
PELAKSANAAN DITEMPAT DU/DI
Dalam kegiatan prakerin yang
sangat perlu diutamakan adalah kerjasama yang baik serta tanggung jawab dalam
bekerja guna dapat menyelesaikan segala tugas dengan baik dan benar. Dan dalam
hal ini kami akan menguraikan tentang pelaksanaan kegi-
Tan kami selama menjalani
prakerin di Kantor Pusat Universitas Jember, yaitu :
9
1. Waktu
kegiatan
Prakerin dilaksanakan kurang
lebih selama empat bulan yang dimulai pada tanggal 7 januari 2013 s.d 8 April
2013, dan waktu kegiatan pada setiap harinya adalah sebagai berikut :
NO
|
HARI
|
JAM MASUK
|
JAM PULANG
|
1.
|
SENIN
|
07.00
|
16.00
|
2.
|
SELASA
|
07.00
|
16.00
|
3.
|
RABU
|
07.00
|
16.00
|
4.
|
KAMIS
|
07.00
|
16.00
|
5.
|
JUM’AT
|
07.00
|
15.00
|
Tabel 1.1 jadwal
kegiatan di DU/DI
Hari
Sabtu Prakerin di liburkan dari instansi
1. tempat prakerin
Selama
kegiatan prakerin, kami di tempatkan di bagian kepegawaian kantor pusat
Universitas Jember dan Bertugas sebagai
berikut:
a.
Mengarsip
surat masuk dan surat keluar
b.
Mengarsip
surat pada file
c.
Menyetempel
surat
d.
Mengantarkan
surat pada bagian-bagian di kantor pusat universitas jember
e.
Merekapitulasi
nomor NIP pegawai negeri sipil
f.
Menggandakan
surat-surat ataupun data data yg perlu di gandakan
2.3.2
KEADAAN LINGKUNGAN KERJA
1. Tempat kerja
Tempat
kami prakerin yaitu beralamatkan dijalan Kalimantan 37 kampus Bumi Tegal Boto pada bagian kepegawaian Universitas
Jember.
2.Udara
Udara disekitar cukup baik. Bersih tanpa asap
rokok dan ber_AC, sehingga dengan keadaan tersebut kami dapat bekerja dengan
baik, dan maksimal tanpa adanya gangguan asap atau apapun yg dapat mengganggu
kesehatan.
10
3. keadaan ruang
kepegawaian cukup, luas dan tertata rapi sehingga membuat suasana Menjadi
nyaman
4.Kondisi
Kondisi ruangan sangat mendukung karena disekitar ruangan
terdapat penghijauan sehingga sirkulasi udara menjadi sejuk dan dapat mendorong
kemaksimalan bekerja.
5. Penerangan
Masalah penerangan diruangan kepegawaian
cukup terang, lebih-lebih lampu tetap
Dinyalakan meskipun ruangan berada di
kondisi terbuka.
5. Suara
Keadaan ruangan kepegawaian tidak terlalu
bising (berisik) karena jauh dari jalan raya, sehingga kami dan juga karyawan
disana dapat bekerja dengan baik tanpa adanya gangguan suara yg bisik.
2.3.3
Rincian kegiatan prakerin
1. Menggandakan Surat Masuk
Kegiatan
ini adalah salah satu kegiatan dikepegawaian, yaitu apabila ada surat masuk
dari Fak. Maupun dari Unit Kerja dicatat pada Buku agenda surat masuk. Cara
memperoses kedalam buku. Agenda yaitu dengan cara mencatat nomer surat, tanggal
surat, dan juga perihal surat, Setelah dicatat kemudian di masukkan pada file
surat masuk.
11
2.
Memperoses surat keluar
Jika hendak memproses surat
keluar hal pertama yg dilakukan adalah membuat surat terlebih dahulu, surat di
gandakan sesuai dengan jumlah yg di inginkan, mengetik alamat dan Nomor surat
secara manual,
setelah itu suratnya di
stempel dan dimasukkan kedalam amplop yg
juga sudah distempel,
kemudian diekspedisi kedalam buku ekspedisi surat.
3.
mengekspedisi surat keluar
Yaitu
mencatat surat keluar kedalam buku ekspedisi dan dikirimkan kepada setiap
bagian di kantor pusat Univ. Jember
2. Lain-lain
Yaitu dari berbagai kegiatan
yg lain dari kegiatan yg sudah disebut di atas, diantaranya yaitu:
a. Merekapitulasi
Nomor NIP Pegawai Negeri Sipil.
b. Mengetik
surat dengan mesin ketik manual.
2.4
HASIL YANG DICAPAI
Hasil
yg diperoleh dari kegiatan praktek kerja industri di bagian kepegawaian kantor
pusat Universitas JEMBER:
1. Setiap
pekerjaan yg dilakukan dibidang perkantoran dapat dipahami dengan baik.
2. Dengan
adanya Prakerin ini diharapkan para siswa dapat belajar dengan baik untuk
dijadikan pedoman memperoleh pekerjaan dengan cepat.
3. Dengan
adanya kegiatan Prakerin di DU/DI, siswa diharapkan dapat mengembangkan
kreativitas dan keterampilan yg ada pada siswa itu sendiri.
4. Siswa
juga dapat belajar bagaimana cara menghargai orang lain, juga menumbuhkan sikap
mandiri dan sikap kebersamaan,
12
5. Dalam
kesulitan pengetikan , penulisan , penyusun, serta penempatan surat-surat dapat
diatasi dengan meminta bimbingan kepada pembimbing.
2.4.1 FAKTOR PENDUKUNG
Dalam
melaksanakan prakerin di kantor pusat Universitas JEMBER terdapat beberapa
faktor pendukung dalam melaksanak tugas praktek kerja industri , DI antara nya
yaitu :
1. Tersedianya alat elektronik yg dapat
digunakan dalam melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat, seperti komputer dan
printer,
2. Adanya pendingin ruangan didalam
bagian kepegawaian untuk menciptakan suhu yang nyaman, seperti AC
3. Sikap para pegawai yang dapat
menerima kita dengan baik serta ramah dan tamah
2.4.2 FAKTOR PENGHAMBAT
1.
Masalah pada saat tidak adanya pekerjaan yang dapat dilakukan siswa
sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh diruangan.
2.
Perasaan bosan pada saat melaksanakan tugas yang siswa rasa begitu
Dan hanya itu itu saja
3 ketidak kompakan pada masing-masing siswa
prakerin yang kebetulan be
Rada dalam satu ruangan namun berasal dari
sekolah lain.
13
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
Keberhasilan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) sangat dibutuhkan
oleh para siswa dan siswi agar dapat menerapkan hasil yang diperoleh selama
prakerin dalam dunia kerja yang akan datang. Dengan dibuatnya laporan prakerin
ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN), terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan keahlian yang ada
didunia usaha atau di dunia industri. Dengan dibuatnya laporan ini
diharapkan juga ada kesamaan visi dan misi antara pihak sekolah dengan dunia
industri pasangan. Harapan kami sebagai penulis didalam penjelasan didalam
laporan ini telah tersusun rajin sesuai dengan tujuan siswa adan siswi, kami
telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan
dimengerti bagi yang membacanya. Kami berharap pembaca dapat memahami dan
mengambil manfaat dan isi laporan tersebut atas kelebihan dan kekurangannya
kami mohon maaf.
A.
Kesimpulan
Setelah saya melaksanaan Praktik kerja lapangan di Kantor Universitas Jember
·
Kegiatan
prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa sekolah menengah kejuruan
(SMK) karena dengan kegiatan ini dapat menigkatkan kompetensi siswa dan siswi.
·
Kegiatan
prakerin merupakan kesempatan yang memberikan ruang kepada siswa dan siswi SMK
untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan kompetensi masing-masing.
·
Kegiatan
prakerin memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa dan siswi SMK
untuk menunjukkan kemampuannya pada industri atau perusahaan yang membutuhkan
tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.
·
Kegiatan
prakerin merupakan media promosi kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang
matang dalam menyongsong dunia kerja.
·
Praktik
kerja lapangan ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan siswa dalam setiap
praktik dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada obyeknya.
14
B.
Saran
Setelah melaksanakan proses pembuatan laporan prakerin, maka saya
mempunyai beberapa saran yang ingin disampaikan kepada pihak sekolah dan instansi selaku
mempunyai beberapa saran yang ingin disampaikan kepada pihak sekolah dan instansi selaku
pihak yang terkait langsung dengan pelaksanaan
kegiatan prakerin, antara lain sebagai berikut:
Ø Saran Untuk
Pihak Sekolah
·
Kegiatan
prakerin ini merupakan kegiatan yang positif bagi semua pihak baik untuk
mengembangkan kemampuan individu maupaun sebagai sarana untuk menilai sejauh
mana keberhasilan sekolah dalam menyiapkan siswanya untuk diterjunkan kedunia
kerja, sehingga perlu ditingkatkan baik dari segi setruktural maupun
operasional dimasa-masa mendatang.
·
Sekolah
hendaknya membekali ilmu-ilmu dasar yang banyak diaplikasikan didunia industri
sehingga pada saat siswa dan siswi melaksanakan kegiatan prakerin,siswa tidak
banyak menghadapai kendala yang berhubungan dengan materi akademis, yang pada
kenyataannya siswa masih dibingungkan dengan masalah yang dihadapi di dunia
usaha.
·
Sekolah
hendaknya memperbanyak frekuensi bimbingan dan pengawasan kegiatan prakerin.
·
Sekolah
hendaknya merencanakan program tindak lanjut dari kegiatan prakerin sebagai
media promosi kemampuan dan kompetensi siswa.
·
Pekerjaan
yang diberikan dari pihak industri pada kami sangat bermanfaat bagi saya dalam
kehidupan yang akan datang, namun untuk mengisi waktu kosong sebaiknya pihak
industri sebaiknya memberikan pekerjaan-pekerjaan yang lebih bermanfaat bagi
siswa dan siswi agar waktu tidak terbuang dengan sia-sia.
·
Pihak
sekolah agar dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan prakerin
secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
·
Saran Untuk Pihak Industri
15
§ Tata tertib
dan kedisiplinan karyawan harus lebih ditingkatkan lagi agar hal tersebut dapat
menunjang kearah keberhasilan dan kemajuan perusahaan maupun kemajuan tersebut
sendiri.
§ Keselamatan
kerja yang harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan.
§ Komunikasi antar pihak harus dieratkan lagi.
· Adanya dukungan dari pihak sekolah maupun industri dalam proses pembuatan laporan.
Saya sangat menyadari sepenuhnya bahwa apa yang diucapkan lewat saran
tersebut tidak semudah diucapkan akan tetapi, penulis berharap sekali untuk
dapat mempertimbangkannya untuk kemajuan semua pihak.
Pada akhirnya
semoga apa yang saya lakukan dapat menjadi segalanya lebih baik serta perubahan
dimasa yang akan datang.
16
DAFTAR PUSTAKA